Advertisement

Clause? Apa itu Clause



Apa itu Clause - Bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang mampu menyambungkan komunikasi di berbagai bidang mulai dari bisnis, pendidikan, hubungan, dan lainnya. Mempelajari Bahasa Inggris sangatlah penting di masa modern ini. Dengan Bahasa Inggris, kita bisa memperlebar ilmu, karir, pergaulan, dan lainnya. Ada banyak sekali Manfaat Belajar Bahasa Inggris yang bisa kita dapatkan. Namun, belajar Bahasa Inggris bisa menjadi sulit jika kita tadak mengetahui Cara Belajar Bahasa Inggris dengan efektif.

Pada kesempatan kali ini kita akan mempelajari Grammar Bahasa Inggris, yaitu pengertian, jenis, fungsi, dan contoh clause dalam Bahasa Inggris. Clause merupakan unsur penting dalam penyusunan kalimat bahasa Inggris, sebab setiap satu kalimat terkadang terdiri dari beberapa clause. Bagaimana? Sudah mulai bingung, kan? Ya, dari pada bingung, mari kita lihat penjelasan di bawah ini. Berikut akan sayapaparkan penjelasan lengkap dan mudah mengenai Clause.

Pengertian & Fungsi Clause
Secara bahasa Clause berarti klausa (dalam kaidah bahasa Indonesia). Dalam kamus Oxford disebutkan bahwa clause merupakan ‘Group of words that contains a subject and a verb’. Sehingga dapat disimpulkan bahwa clause merupakan kelompok kata yang terdiri dari subjek (subject) dan predikat (predicate) yang sesuai dengan tata bahasa (adanya finite verb). Clause dan phrase adalah dua hal yang berbeda, Sebab phrase merupakan kelompok kata yang dibenarkan (sesuai) dengan tata bahasa, namun tidak mengandung unsur subjek dan predikat (tidak mengandung unsur finite verb).

Coba kalian bandingkan kedua contoh dibawah ini!

  • Two studied students Japanese have English and
Contoh diatas bukanlah phrase ataupun clause, karena kalimat diatas tidak sesuai dengan tata bahasa serta tidak dapat dipahami.

  • Two students have studied English and Japanese
Contoh kalimat diatas termasuk clause karena terdiri dari subjek ‘two students’ dan predikat ‘have studied English and Japanese’. Serta dapat dibenarkan secara tata bahasa. Sedangkan kelompok kata ‘two students’, ‘have studied’, dan ‘English and Japanese’ adalah Phrase karena tidak mengandung unsur subjek dan predikat, namun kesemua kelompok kata tersebut sesuai dengan tata bahasa.

Pada dasarnya clause terbagi atas dua jenis, yaitu clause yang mampu berdiri sendiri dan ada juga yang tidak bisa berdiri sendiri. Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh berikut ini.

Contoh:
·         You buy flowers (main clause)
·         Because you love me (subordinate clause)

Contoh diatas merupakan clause, yang membedakannya adalah posisi mereka, dimana kalimat ‘you buy flowers’ merupakan Main clause. Sedangkan, kalimat ‘because you love me’ merupakan subordinate clause. Kalimat pertama dikatakan main clause karena walaupun tanpa subordinate clause, kalimat tersebut sudah dapat dipahami. Sedangkan kalimat kedua, jika ia tidak memiliki main clause maka kalimat tersebut akan janggal.

Banyak orang yang bertanya-tanya mengenai apa perbedaan clause dengan sentence. Mungkin beberapa dari kalian akan bertanya seperti itu juga. Perlu diperhatikan bahwa clause itu merupakan rangkaian kata yang masih belum tentu jelas atau kurang sempurna karena terkadang dapat menimbulkan pertanyaan, dan tidak mempunyai tanda baca akhir. Sedangkan sentence adalah rangkaian kata yang jelas maknanya dan sempurna sebab tidak menimbulkan pertanyaan, dan ia juga mempunyai tanda baca akhir. Perhatikan contoh sentence dibawah ini.

Contoh:
·         You buy flowers because you love me (Sentences)
·         you buy flowers… (clause)
·         … because you love me(clause)

Jadi, dapat ditarik kesimpulan bahwa sentence merupakan kalimat yang utuh dan jelas, dari contoh di atas dapat dilihat bahwa gabungan dari beberapa clause dapat membentuk sentence yang memiliki makna sempurna. Perlu diingat bahwa sentence dapat disusun dengan beberapa clause (minimal satu clause). Akan tetapi bukan berarti clause itu adalah sentence ya.



Oke, jika kalian sudah memahami apa itu yang dimaksud dengan clause. Silahkan tinggalkan komentar jika ada yang ingin ditanyakan. Semoga bermanfaat ^^


Clause? Apa itu Clause Clause? Apa itu Clause Reviewed by Eva Siti Fatonah on 5/23/2018 Rating: 5

No comments:

Advertisement

Powered by Blogger.